Hari ini Sabtu tanggal 17 Mei 2008, penulis sempat kaget ketika melihat berita di Televisi, bahwa Sophan Sophiaan aktor karismatik yang juga mantan anggota DPR itu telah tiada karena kecelakaan. Kaget, karena memang tidak ada berita bahwa beliau sedang sakit, bahkan seperti yang telah diberitakan beberapa media massa bahwa beliau sedang memimpin Jambore Motor Gede keliling Jawa dalam rangka 100 tahun kebangkitan nasional. Beliau meninggal dalam kecelakaan di daerah Ngawi ketika memimpin rombongan motor gede yang berangkat dari Kediri pada pukul 07.00. Beliau meninggal di saat sedang mencoba membangkitkan semangat dari masyarakat Indonesia yang sedang terpuruk, melalui Jambore Motor Gede.

Penulis, memang hampir tidak pernah melihat akting beliau di dunia perfilman maupun ketika tampil di beberapa sinetron. Yang penulis ingat, adalah ketika beliau bersama sang istri tercinta Widyawati sering menjadi bintang tamu di beberapa acara talk show. Beliau sering menjadi bintang tamu, bukan karena akting atau pun kesibukannya di dunia politik, namun karena keharmonisannya di dalam membina keluarga bersama Widyawati. Disaat begitu banyak para artis terhimpit masalah kawin cerai, beliau begitu harmonis membina rumah tangganya dengan baik. Kalo kita perhatikan di beberapa acara entertainment, jarang sekali kita melihat gosip miring atau negatif tentang beliau dan keluarga.

Sangat jarang kita melihat sosok artis seperti beliau. Satu hal yang tidak pernah terlupakan oleh penulis adalah karismanya dan kecintaannya terhadap bangsa Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh sahabatnya Eros Djarot di salah satu stasiun televisi, beliau adalah sosok Ikon perfilman Indonesia dan saat ini beliau sedang memikirkan masalah keterpurukan yang terjadi pada bangsa Indonesia.

Indonesia kehilangan tokohnya. Tokoh perfilman Indonesia, tokoh yang begitu mencintai bangsa Ini. Tokoh yang begitu ingin memajukan perfilman Indonesia. Selamat jalan Bung Sophan. Kami akan berusaha meneruskan cita-citamu. Sekali lagi, Selamat Jalan dan Terima Kasih atas perjuangannmu selama ini. Selamat Jalan…!!!

SEMOGA AMAL BELIAU DI TERIMA OLEH TUHAN YANG MAHA ESA!!!AMIIIN

DAN JUGA SEMOGA KELUARGA YANG DITINGGALKAN DIBERI KESABARAN DAN KETABAHAN!!!!