3 Phenom Baru dari AMD

Hari ini AMD memperkenalkan CPU QuadCore Black Edition yang juga dikenal sebagai Phenom X4 9950 Black Edition. Selain itu AMD juga memperkenalkan Phenom X4 9350e dan Phenom X4 9150e.

Khusus untuk Phenom 9950 Black Edition, AMD tidak mengunci multiplier dari CPUs/article dari CPU ini dengan harapan para pecinta overclock akan melirik prosesor yang beroperasi pada clockspeed 2.6GHz dan dibanderol berkisar $235 ini. Konsumsi dayanya juga tidak lebih dari 140 watt seperti yang ditulis di dailytech.com.

Sekarang kita melihat sekilas dua CPU lainnya. Phenom X4 9350e memiliki clockspeed 2.0 GHz dan dijual pada kisaran harga $195 sedangkan Phenom X4 9150e bekerja pada clockspeed 1.8GHz dan dijual pada kisaran harga $175. Kedua prosesor ini mengkonsumsi daya tidak lebih dari 65 watt saat bekerja penuh.

Semua prosesor ini memiliki L1 cache sebesar 64KB per core, L2 cache sebesar 512KB per core dan shared L3 cache sebesar 2MB. Ketiga prosesor ini sudah melalui proses produksi 65nm.(DailyTech)

Mendinginkan Laptop dengan Cara Baru

Bagi Anda yang memiliki laptop, pasti sering mengalami masalah dengan panas yang timbul dari komponen di dalamnya. Walaupun pada laptop sudah terdapat sistem pendingin internal, terkadang kemampuannya masih kurang maksimal, terlebih lagi masalah overheating jika tidak cepat diatasi dapat berujung pada kerusakan komponen laptop.
Bagian atas cooling pad Alur udara cooling pad

Cooling stand F5L001 merupakan cooling pad untuk laptop produksi Belkin yang mampu mengurangi panas berlebih pada laptop dan menjaga suhunya agar tetap stabil dengan cara yang berbeda dengan cooling pad lainnya.

Daya yang dibutuhkan bersumber dari lubang USB sehingga konsumsi daya yang dibutuhkan tidak besar. Alat ini juga tidak membutuhkan tambahan perangkat lunak/driver sehingga langsung bisa bekerja saat dihubungkan. Alat ini juga ringan dan tipis (pengait bagian bawah bisa dilipat) sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Pada pad terdapat lapisan dari karet supaya laptop tidak mudah bergeser

Jika kita lihat, di tengah pad terdapat sebuah kipas yang berfungsi untuk membuang udara panas dengan cara mengambil udara dari bawah dan mendorong udara panas keluar lewat sampingnya, sehingga itulah alasannya mengapa bentuk pad dibuat agak melengkung. Alat ini memanfaatkan sifat udara panas yang selalu bergerak ke atas, sehingga memberikan pendinginan yang maksimal, berbeda dari cooling pad lain yang mendorong keluar udara panas ke arah bawah. (Sumber)

Jika Anda ingin mendapatkan cooling pad ini, maka Anda bisa memesannya di sini

Firefox Masuk Guiness Book of World Records

Kita semua tahu bahwa Firefox mencetak lebih dari 8 juta download saat peluncurannya pada tanggal 17 Juni. Kemarin, Mozilla menerima konfirmasi resmi dari Guiness World Records bahwa mereka telah mencetak rekor untuk “largest number of software downloads in 24 hours” dari jam 18:16 UTC tanggal 17 Juni 2008 hingga 18:16 UTC tanggal 18 Juni 2008 di mana 8.002.530 orang mengunduh Firefox 3.

terima kasih kepada Anda semua yang telah membantu, dan jangan lupa untuk mendapatkan sertifikat tanda partisipasi Anda di sini.
Sertifikat Firefox Download Day

Intel: Bersiaplah untuk CPU Ribuan Core

Intel mengingatkan para pengembang perangkat lunak untuk mengantisipasi tidak hanya puluhan, melainkan ribuan core dalam sebuah prosesor. Intel saat ini menawarkan prosesor quad-core dan diperkirakan untuk memperkenalkan sebuah prosesor Nehalem di akhir tahun ini yang menggunakan delapan core.

Intel memang sudah sejak lama mendorong adopsi pemrograman multi-core, dua tahun yang lalu, mereka menyatakan target mengeluarkan prosesor 32 core di tahun 2010, belum lama ini Jerry Bautista, co-presiden program “Tera-scale Computing Research” Intel mengatakan “semakin banyak core yang dapat kita muat ke dalam satu CPU, semakin baik.”

Di hari Senin, Anwar Ghuloum, insinyur utama di laboratorium Microprocessor Technology Intel mengatakan “saran yang akan saya tawarkan adalah… para pengembang harus mulai berpikir tentang puluhan, ratusan dan ribuan core saat ini juga. Terkadang, para pengembang berusaha untuk bekerja seminimal mungkin hanya untuk memaksimalkan kinerja dual dan quad core.”

Sekarang ini, Intel semakin sering mendiskusikan tentang “cara meningkatkan skalabilitas kinerja agar dapat dipakai di core berjumlah besar… desain untuk lusinan, ratusan dan bahkan ribuan core sudah merupakan topik diskusi yang sudah tidak asing lagi,” tutur Ghuloum di blog-nya. (via Cnet)

Adobe PDF Menjadi Standar ISO 32000-1

Logo ISOSekitar setengah tahun yang lalu ISO telah menyetujui untuk mengadopsi format Adobe Portable Document Format (PDF) 1.7 menjadi standar ISO. Proses standarisasi ini selesai hari Rabu kemarin dan ISO mengumumkan bahwa PDF telah terlahir kembali sebagai “ISO 32000-1:2008” sepanjang 747 halaman.

Adobe sebagai pengembang utama dan pemegang paten PDF memberikan spesifikasi versi 1.7 untuk dipelajari ISO yang berbasis di Genewa pada tanggal 29 Januari 2007. Satu setengah tahun setelah itu, dengan bantuan dari Association for Information and Image Management (AIIM), akhirnya proses sertifikasi ISO terselesaikan.

Kevin Lynch, Chief Technology Officer Adobe mengatakan bahwa “dengan merilis spesifikasi PDF penuh untuk standarisasi ISO, kami membuktikan komitmen kami terhadap keterbukaan. Dengan semakin banyaknya pemerintah dan perusahaan yang meminta format terbuka, pemeliharaan spesifikasi PDF oleh pihak ketiga akan terus mendorong inovasi dan memperluas ekosistem PDF yang telah berevolusi dalam 15 tahun terakhir.”

Mulai saat ini ISO bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara format PDF di masa depan.

Walaupun banyak dipakai di web, PDF juga memiliki beberapa kekurangan seperti lamanya waktu yang dibutuhkan untuk dibuka melalui Adobe Acrobat. Apple telah mengintegrasikan kapabilitas PDF ke dalam browser Safari sementara pengguna Firefox menggunakan solusi pihak ke tiga seperti Foxit untuk mempercepat proses. Google juga sudah sejak lama menawarkan pilihan “view as HTML”.

Format lainnya yang baru-baru ini menerima sertifikasi ISO termasuk format Microsoft Office Open XML, yang telah menerima suara untuk persetujuan pada bulan April lalu.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Microsoft Mempermudah Syarat Pemakaian XP

Walaupun Microsoft menghentikan penjualan retil Windows XP sejak 30 Juni, tidak berarti Anda tidak dapat membeli XP lagi selamanya. Microsoft memperbolehkan para produsen PC untuk menawarkan opsi “downgrade” kepada pelanggan apabila mereka membeli komputer dengan Windows Vista Business atau Ultimate.

Umur XP tampaknya masih panjang. Pada awalnya mengatakan akan menghentikan penjualan XP tahun lalu, Microsoft memutuskan untuk memperpanjang masa penjualan XP karena tekanan berbagai vendor yang ingin terus menjual XP.

Kemudian, mendadak populernya segmen netbook murah dengan Linux menyebabkan Microsoft mengambil langkah defensif. Berusaha mencegah Linux menggerogoti pangsa pasarnya, Microsoft memperbolehkan produsen untuk menggunakan XP di produk ultra low cost PC (ULPC) seperti Asus Eee PC. Pada awalnya, Microsoft hanya memperbolehkan penggunaan XP di PC dengan layar lebih kecil dari 10,2 inci (berarti netbook dan MID) dan kapasitas penyimpanan kurang dari 80GB. Kabar terakhir dari Infoworld mengatakan Microsoft telah mengubah definisi ULPC menjadi:

  • Layar 14,1 inci atau lebih kecil (sudah memungkinkan pemakaian di laptop)
  • Hard drive kurang dari 160GB
  • CPU single core kurang dari 1GHz (dengan pengecualian prosesor daya kecil seperti 1,66GHz Intel Atom yang digunakan di Eee PC 901, Acer Aspire One dan MSI Wind.
  • RAM maksimum sebesar 1GB

Selain itu, Microsoft juga memperbolehkan desktop murah untuk menggunakan Windows XPHome.


Superkomputer Membantu Penelitian Kangker

Ontario Cancer Institute tengah membuat superkomputer yang dapat membantu menemukan cara mengatasi kanker yang lebih efektif. Tujuan dari riset yang berumur 10 tahun tersebut adalah mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kangker dengan mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai macam algoritma untuk menganalisa data kompleks.

Selain Ontario Cancer Institute, tim tersebut juga memiliki ilmuwan dari Princess Margaret Hospital, University Health Network and Buffalo dan Hauptman-Woodward Medical Research Institute.

Pemimpin proyek, Igor Jurisica mengatakan bahwa mendesain obat yang dapat mengatasi kangker memerlukan analisa interaksi protein. Berbagai algoritma diperlukan untuk menginterpretasikan banyak data.

Bagian lain dari penelitian juga mencakup pemahaman struktur protein untuk menemukan cara mengatasi kangker. Hal ini membutuhkan pembentukan kristal dan menentukan kondisi optimal untuk membentuk kristal berkualitas. Namun pendekatan ini terhadang “masalah teknologi informasi yang besar,” kata Jurisica, dengan kombinasi protein menghasilkan lebih dari 90 juta gambar untuk dianalisa dan diinterpretasikan.

“Jadi tugas kami adalah untuk membuat algoritma yang dapat menganalisa dan mengklasifikasi gambar untuk mendapatkan hasil dari eksperimen. Kita membutuhkan kekuatan komputer yang luar biasa untuk menangani kompleksitas ini,” kata Jurisica.

Yayasan ini menggunakan superkomputer IBM System Cluster 1350 dengan DCS9550 Disk Storage System dan perangkat lunak Deep Computing Visualization dari IBM untuk menciptakan gambar beresoluti tinggi yang dibutuhkan untuk analisa. Sistem juga mencakup 1.344 core processor dalam sebuah cluster Linux yang berkinerja 12.5 teraflops (3 triliun kalkulasi per detik) dengan kapasitas penyimpanan 150TB.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Produksi Chip Tidak Sempurna, Nvidia Merugi

Logo NvidiaNvidia mengumumkan bahwa sejumlah chip laptopnya mengalami kegagalan “dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya.” Nvidia perlu mengeluarkan biaya dari $150 juta hingga $200 juta untuk memroses “garansi, perbaikan, pengembalian dan penggantian” laptop yang menggunakan beberapa produk Nvidia, baik kartu grafis maupun chipset. Bereaksi terhadap berita ini, saham Nvidia turun 21,94% atau $3,95 menjadi $14,08 per lembar saham.

Jatuhnya harga saham Nvidia

Walaupun saat ini Nvidia masih belum menemukan penyebabnya pastinya, Nvidia mengatakan bahwa “sejumlah besar” chip mengalami kerusakan karena panas yang berlebihan dan mencurigai kombinasi materi yang digunakan untuk pengemasan chip dan desain sistem manajemen panas sebagai akibat.

Nvidia kurang bersifat terbuka dan tidak mengumumkan merk laptop apa yang menggunakan chip bermasalah ini, akan tetapi mereka mengatakan telah merilis driver darurat kepada para produsen laptop yang mengaktifkan sistem pendingin langsung setelah laptop dinyalakan. Menelusuri lebih lanjut, Zdnet mengidentifikasikan GeForce 8400M GS sebagai salah satu produk yang menggunakan chip bermasalah.

Nvidia tidak menyediakan driver ini di situs mereka dan hanya mendistribusikan update darurat melalui vendor. Apabila menggunakan laptop dengan kartu grafis atau chipset Nvidia, sebaiknya kunjungi situs vendor Anda untuk memeriksa ketersediaan driver Nvidia yang lebih baru.

Browser Usang Membahayakan 637 Juta Pemakai

Logo Firefox, Opera, IE dan SafariSekelompok peneliti mengatakan 637 juta pengguna Web berselancar menggunakan browser usang dengan celah keamanan yang dapat diserang dari web.

Menggunakan data dari Google dan perusahaan sekuriti Secunia, Stefan Frei dan Martin May dari ETH; Thomas Dubendorfer dari Google dan Gunter Ollmann dari IBM ISS menganalisa penggunaan browser dalam sebuah laporan. Penelitian tersebut meneliti penyebab banyaknya serangan yang menargetkan browser, dan mengapa seringkali berhasil.

Secara keseluruhan, penulis menemukan bahwa 40% pengguna menggunakan browser yang tidak aman. Salah satu browser yang paling minim update adalah Internet Explorer (IE) yang sementara ini mendominasi pasar internet-browser. Salah satu penyebab rendahnya persentase ini adalah proses pengiriman update melalui Windows Update yang tidak diaktifkan semua pemakai.

Data dikumpulkan di pertengahan Juni 2008 di mana 78% pemakai memakai IE, 16% Firefox, 3% Safari dan 0.8% Opera. Persentase dari pengguna yang menggunakan versi terbaru untuk masing-masing browser hanya 52% untuk IE, 92% untuk Firefox, 70% untuk Safari, dan 90% untuk Opera.

Penulis memberikan catatan bahwa IE7 membutuhkan 19 bulan untuk mendapatkan 52% dari seluruh pengguna Internet Explorer. 48% dari pengguna pada penelitian tersebut masih menggunakan versi lama dari IE7 atau IE6.

Penelitian tersebut tidak mengikutkan browser add-ons yang juga kerap kali memiliki celah keamanan seperti versi lama dari Adobe Reader, karena data Google hanya memiliki informasi browser.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Teknologi konsumen 2008

Lebih dari 20.000 alat dan teknologi baru dari lebih dari 2.700 perusahaan dipamerkan pada Pameran Elektronik Kosumen di Las Vegas, Amerika Serikat.

pameran.jpg

Beberapa alat canggih menjadi perhatian para pengunjung dan orang-orang yang antusias dengan teknologi konsumen terbaru.

SLACKER

Slacker media player

Media player ini akan bersaing dengan alat lain yang banyak jenisnya di pasaran

Mencari lagu baru adalah salah satu kesenangan konsumen dan situs penyedia musik seperti Slacker banyak membantu. Tetapi sekarang anda bisa mendapatkan akses untuk menemukan lagu-lagu yang belum anda temukan dengan bantuan alat kecil ini.

Slacker mengeluarkan mesin pemutar lagu dan film yang memakai sambungan internet tanpa kabel, wi-fi, untuk membantu konsumen menemukan band dan musisi baru. Alat ini diibaratkan sebagai radio kecil pertama di dunia yang bisa disesuaikan dengan kesenangan si pemilik.

Alat ini bekerja dnegan mendownload lagu-lagu baru ke mesin anda, berdasarkan jenis musik yang suka anda dengarkan, setiap kali disambungkan ke internet lewat wi-fi atau komputer anda.

Anda bisa memilih 40 “stasiun radio” berbeda, memuat sampai 4.000 lagu, dengan kapasitas penyimpanan 500MB, 1.5GB dan 4GB.

Jasa dan media player dari Slacker untuk saat ini hanya tersedia di Amerika Serikat dan diperkirakan akan dirilis pada akhir Januari.

GPS Cerdas

Alat GPS

GPS ini memiliki sambungan internet dua arah

Perusahaan pembuat alat bantu navigasi atau pemetaan satelit, GPS (Global Positioning System) belakangan ini mulai menambahkan lebih banyak fitur pada alat GPS buatan mereka karena sudah tidak puas dengan fungsi GPS sebagai penunjuk arah saja.

Alat GPS yang dipamerkan di Pameran Elektronik Kosumen di Las Vegas mampu mendownload jadwal film di bioskop, mencari tempat parkir kosong dan mencegah jalan macet.

Satu perusahaan, Dash Navigation, meluncurkan alat yang disebut Dash Express yang bertujuan mengumpulkan data dari jaringan pemilik alat mereka untuk mecari jalan yang tidak macet.

Alat ini bisa menerima informasi tentang kemacetan lalu lintas dari sejumlah sumber berbeda termasuk alat milik orang lain.

Pada intinya, masing-masing unit berperan sebagai sensor kemacetan yang mengirimkan data lokasi dan kecepatan mobil pemiliknya dengan menggunakan sambungan internet permanen.

Di markas Dash, perusahaan itu memproses keadaan kemacetan setiap menitnya dan memberi rute jalan alternatif jika jalan yang anda tuju macet.

Teorinya, alat ini akan mendapat informasi yang lebih akurat dengan semakin banyaknya pengguna Dash di jalan.

Alat ini dikembangkan dengan bantuan Yahoo dan membolehkan pengguna mencari lokasi suatu tempat atau bahkan SPBU yang menjual bensin paling murah.

MEMORI NIRKABEL

Memori card nirkabel

Memori card ini bisa mengirim langsung foto anda ke situs web

Agar lebih cepat berbagi foto, dibutuhkan kamera nirkabel.

Tetapi bagi orang-orang yang tidak mau mengeluarkan uang lagi untuk membeli kamera baru, ada jalan keluar lain.

Sebuah perusahaan bernama Eye-Fi telah mengembangkan beberapa memori card dengan kemampuan wi-fi yang secara otomatis mengubah kamera anda menjadi alat nirkabel.

Memori card ukuran 2GB bisa langsung menyambungkan diri ke jaringan wi-fi dan bisa mengirim foto-foto anda ke folder di komputer atau ke situs jaringan sosial dan situs penyimpanan foto online.

Perusahaan ini sudah punya kesepakatan dengan Flickr, Photobucket dan Facebook.

Piranti lunak yang digunakan memori card ini mengolah nama login dan password, dan bahkan secara otomatis mengubah ukuran foto jika dibutuhkan oleh situs yang bersangkutan.

Untuk mengirim foto-foto tadi ke komputer, komputer anda harus beroperasi dan menjalankan piranti lunak pengaturan foto (photo managing).

Saat ini memori card ini hanya tersedia di Amerika Serikat tetapi akan mulai dipasarkan di Eropa pada akhir 2008.

PC DENGAN WIMAX

Komputer Eee dari Asus

PC Eee dilengkapi dengan sambungan nirkabel cepat

Komputer kecil dan ringan dari Asus menjadi salah satu produk komputer terlaris dalam 12 tahun terakhir dan lebih dari 350.000 mesin sudah terjual dalam tiga bulan belakangan.

Eee buatan Asus ini disukai orang karena memiliki kemampuan penyimpanan 4GB, mungil dan harga terjangkai. Komputer ini menjalankan sistem operasi Linux, tetapi juga bisa menggunakan Windows XP.

Perusahaan ini kini memasarkan model baru, yaitu layar 7, 8 dan 9 inci, tetapi yang terpenting model baru Eee memiliki Wimax yang menambah kemampuan nirkabel mesin mereka.

Memang saat ini tidak banyak tempat di dunia di mana Wimax digunakan, meski 70 negara kini tengah menjalankan proyek percobaan Wimax.

Namun Intel yakin bahwa Wimax di masa depan akan sukses sebagai jaringan nirkabel generasi baru.

Harga komputer Eee termurah yang dilengkapi dengan Wimax adalah sekitar $999 (kurang dari Rp 9,5 juta), menurut laporan-laporan meski Asus sampai sejauh ini belum mengungkap harga mesin baru mereka.

GAME VIRTUAL REALITY

Rompi game

Rompi ini memiliki kantong-kantong udara yang bisa kembang kempis

Jika anda ingin tahu apa rasanya menerbangkan pesawat tempur atau mengemudikan mobil formula satu, anda kini bisa merasakannya.

TN Games merancang pakaian bagi para pemain game yang bisa mensimulasi efek dari game yang dimainkan.

Rompi buatan mereka dikembangkan dari teknologi yang awalnya dirancang bagi dokter untuk memeriksa pasien dari jarak jauh.

Rompi tersebut, yang disambungkan ke komputer dengan kabel USB, memiliki kompresor ringan udara yang memompakan udara ke kantong-kantong.

Satu Versi rompi ini dirancang untuk game tembak-menembak karena memiliki delapan kantong udara yang bisa meniru efek dari tembakan peluru.

Versi lain rompi game tersebut mensimulasi gaya gravitasi yang dirasakan ketika mengemudi mobil cepat dan menerbangkan pesawat.

Ketika pemain memacu kecepatan, kantong udara mengembang. Akselerasi kecepatan membuat kantong udara dipompa dengan lebih cepat juga, sementara menginjak rem mengaktifkan kantong udara di bagian punggung.

Perusahaan ini juga merancang lengan, penutup kaki dan helm yang bisa disambungkan ke rompi khusus ini untuk memberi “pengalaman game yang dirasakan oleh seluruh bagian tubuh”.

Tips: Mengamankan web server IIS

Internet Information Server (IIS) adalah sebuah web server yang tersedia secara otomatis pada saat instalasi Windows edisi server dengan opsi Typical atau Full. Sayangnya instalasi default ini dapat mengakibatkan celah keamanan di sistem anda yang berakibat fatal. Bagaimana cara mengamankannya?

Web server adalah inti dari organisasi internet yang komplek saat ini. Setiap kali sebuah browser berhubungan dengan suatu situs web baik di internet ataupun intranet, maka ia terhubung dengan web server, server tersebut mendengarkan request pada jaringan dan menjawabnya kepada client atau pengirim permintaan dengan membawa data tertentu.

IIS atau yang dikenal dengan Internet Information Server adalah web server yang secara default terinstall saat kita menginstalasi secara tipikal suatu server windows.

IIS menginstal dirinya sendiri kepada partisi primer secara automatis. Ini menyebabkan suatu resiko keamanan sendiri, sebab User Internet dapat mengakses partisi sistem setiap kali mereka melihat suatu Halaman web atau menggunakan FTP untuk download suatu file.

Dibawah ini adalah daftar direktori yang dibuatkan default oleh IIS:
– %WinDir%\InetPub
– %WinDir%\System32\InetSrv
– %WinDir%\System32\InetSrv\IisAdmin
– %WinDir%\Help\IISHelp

IIS menciptakan dua akun user selama instalasi: IUSR_COMPUTERNAME dan IWAM_COMPUTERNAME. IIS menggantikan variabel “computername” dengan nama komputer kita.

Contoh, jika kita sedang menginstall IIS dan nama komputer kita “BAPUK”, Maka akun komputer adalah IUSR_BAPUK dan IWAM_BAPUK. Hebatnya lagi akun tersebut tidak bisa dihapus, karena IIS memerlukannya. Akun IUSR_COMPUTERNAME digunakan untuk mengijinkan akses tanpa nama atau “Anonymous” kedalam sistem, sedang akun IWAM_COMPUTERNAME digunakan untuk menjalankan out-of-process dari aplikasi web.

Tidak setiap server windows memerlukan IIS sebagai webservernya. IIS sendiri seharusnya tidak diinstall dalam keadaan default, bila tetap memerlukan IIS ada baiknya mengubah default partisinya agar tidak sama dengan partisi sistem anda. Agar apa? ya itu tadi untuk keamanan.

Apabila IIS telah terinstall sebaiknya anda menguninstall dan reinstall lagi IIS pada partisi yang kita inginkan.

Bagaimana mengubahnya ke partisi yang kita inginkan sedang tak ada pilihan sewaktu instalasinya? Memang tidak ada cara mengubah direktori “program files” pada “Add/Remove program wizard”. Untuk mengubahnya kita harus membuat sebuah “answer file” lalu menginstallnya.

Apa itu answer file? Bagaimana cara membuatnya? “Answer File” atau file jawaban kurang lebih adalah suatu file teks yang digunakan untuk mem-bypass / melewati suatu prosedur instalasi secara normal.

Tabel dibawah adalah beberapa komponen IIS yang diperlukan dalam membuat “answer file”:

-----------------------------------------------------------
 Sintak        =>Tujuan
-----------------------------------------------------------
 iis_common    => Install "common file"
 iis_doc       => Install dokumentasi IIS
 iis_ftp       => Install Service FTP
 Iis_htmla     => Install "Web-based administration tools"
 iis_inetmgr   => Install "MMC-based administration tools"
 iis_nntp_docs => Install dokumentasi NNTP
 iis_smtp      => Install Service SMTP
 iis_smtp_docs => Install dokumentasi SMTP
 iis_www       => Install Service WWW
-----------------------------------------------------------

Untuk prosedur penggunaannya silahkan ikuti tutorial berikut:

  1. Kilk menu Start > Run
  2. Ketik notepad dalam kotak dialognya lalu klik OK
  3. Ikuti sintak berikut yang disesuaikan dengan “table komponen answer file” di atas: [Components] iis_common = on
    iis_ftp = on
    iis_htmla = on
    iis_www = on
    [InternetServer]
    PathFTPRoot= D:\Inetpub\Ftproot
    PathWWWRoot=D:\Inetpub\Wwwroot
    (D: Menunjukan letak partisi yang diinginkan untuk lokasi IIS.)
  4. Simpan file tadi di direktori C:\ dengan nama iis.txt atau terserah anda.

Setelah membuat file jawaban tadi, berarti kita hampir siap untuk melakukan instalasi. Kenapa hampir? yup..karena kita memerlukan satu program lagi yang digunakan untuk menginstalisasi dari “answer file” yang kita buat dengan nama “iis.txt” tadi, yaitu “Sysocmgr.exe”.

Lalu bagaimana instalasinya? Gampang. Masuk ke “command prompt” lalu ketik:
sysocmgr /I:%windir%\inf\sysoc.inf /u:c:\iis.txt
dan ikuti saja prosedurnya.

Keterangan:
Trik ini dilakukan di mesin Windows XP & Windows server 2003 dan seharusnya bisa untuk keluarga NT.
[Components] => parameter untuk menginstall komponen-komponen dalam Windows.
[InternetServer] => parameter untuk merubah default path FTP dan WWW.
iis_htmla = on => “on” menyatakan Kondisi siap melakukan instalasi, yaitu “web based admin tool”.

Referensi:
– “Unattended.doc” from the Server CD, “support\tools\deploy.cab\unattend.doc”
– “www.syngress.com”

Oleh: kodokhunt (hendraw4n AT yahoo.com)

Tips: Menghapus virus di USB flash disk

Biasanya flash disk yang kena virus seperti virus Agnes, Dian Sastro tidak bisa dihapus dengan menggunakan tombol Delete atau kombinasi Shift + Delete di Windows.

Tapi ada cara tertentu untuk membasminya :

1. Buka Command Prompt
2. Ketik cd\
3. Ketik flash disk berada misalkan flash disk di drive D berarti ketik “D:” (tanpa tanda kutip)
4. Ketik del *.* atau dengan format D: tekan Enter.

Apabila anda menggunakan Format D: berarti data terlebih dahulu di Backup. Semoga artikel ini berguna.

Dikirim oleh: Heryanto Saleh (heryantosaleh @ yahoo.com)

sumber berita:udaramaya.com

hinamagazine.com