software

10 Software yang Paling Banyak Dibajak 2007

Software and Information Industry Association (SIIA) merilis daftar software yang paling banyak di-hack pada laporan tahunan Anti-Piracy 2007. SIIA didirikan oleh Ken Wasch pada tahun 1984 dan kini menjadi ketua asosiasi perdagangan untuk industri software dan konten digital. Asosiasi ini telah menyediakan lebih dari 800 perusahaan software dan perusahaan IT dengan layanan global dalam hubungan pemerintahan, pengembangan bisnis, edukasi korporasi, dan perlindungan harta kekayaan intelektual.

Laporan terakhir mengatakan bahwa software yang paling banyak di-hack datang dari kategori bisnis, yaitu word processing software, office suits, web design software dan produk sejenis lainnya. Berikut adalah daftarnya

:

Kategori Pangsa
Produktivitas 34%
Sistem Operasi 23%
Manajemen Dokumen 8%
Creative 7%
Sekuriti 6%
Utilities 6%
Pengembangan 4%
Database 3%
Media Management 3%
Server 2%
CAD 1%
Accounting 1%
Mapping 1%

10 Software yang paling dibajak selama tahun 2007:

  1. Symantec Norton Anti-Virus
  2. Adobe Acrobat
  3. Symantec PC Anywhere
  4. Adobe PhotoShop
  5. Autodesk AutoCAD
  6. Adobe DreamWeaver
  7. Roxio Easy CD/DVD Creator
  8. Ipswitch WS_FTP
  9. Roxio Toast Titanium
  10. Nero Ultra Edition

Masalah-masalah pembajakan terbesar ditemukan di situs-situs lelang online. Riset SIIA menunjukkan bahwa setidaknya 90% dari perangkat lunak yang dijual di eBay adalah aplikasi bajakan. Dan di bawah ini adalah daftar aplikasi dengan tingkat pembajakan tertinggi pada World Wide Web:

  1. Adobe Photoshop
  2. Adobe Acrobat
  3. Adobe Creative Suite
  4. McAfee VirusScan
  5. McAfee Internet Security Suite
  6. Symantec Norton Anti-Virus
  7. Symantec Norton pcAnywhere
  8. Symantec Norton Ghost

Anehnya, Microsoft Office yang menurut saya merupakan salah satu aplikasi yang paling sering dibajak tidak ada dalam daftar-daftar di atas. Klik di sini untuk sumber artikel.

Fitur Firefox 3 yang Tak Banyak Diketahui

Fitur-fitur seperti awesome bar (location bar yang baru), menunda dan memulai kembali download, proteksi terhadap malware, tampilan baru dan peningkatan kinerja untuk Firefox 3. Semua fitur-fitur di atas sudah banyak yang tahu, tetapi tahukan Anda bahwa Firefox 3 juga memiliki fitur-fitur berikut ini:

  1. Blok teks yang tidak beraturan:Kita bisa melakukan blok pada teks yang ada dihalaman web secara acak. Lakukan blok pada salah satu baris teks, lalu tekan tombol Ctrl (Cmd untuk Mac) untuk menambah teks yang akan diblok tanpa menghilangkan bekas blok yang terakhir tadi, sehingga kita bisa menyalin beberapa kata yang penting dengan mudah.
  2. Duplikasi tab:Tekan tombol “Ctrl” di keyboard saat melakukan drag sebuah tab ke tempat kosong untuk menduplikasi tab yang ada beserta sejarahnya. Fitur ini tidak ada di Firefox versi Mac.
  3. Memindahkan tab ke jendela lain:Cukup dengan melakukan drag tab yang ada dan drop ke jendela browser lain. Jika tab yang dipindahkan merupakan tab satu-satunya di jendela tersebut, jendela browser tersebut secara otomatis tertutup.
  4. Merubah ukuran search bar: Kita dapat mengubah search bar dengan melakukan drag pada garis pembatas yang berada di antara search bar dan address bar (tidak terlihat pada Firefox versi Windows dan Linux, tetapi tetap trik ini tetap dapat Anda lakukan).
  5. Menambah keyword pencarian: Pada search bar klik ikon mesin pencari untuk membuka dropdown dan lalu pilih “Manage Search Engines…“. Pilih salah satu search engine yang ada kemudian klik “Edit Keyword…” Masukkan kata kunci tertentu untuk mesin pencari tersebut, contohnya untuk Google kita menggunakan keyword “go.”
    Setelah menambahkan keyword, kita dapat menggunakan Google melalui address bar dengan mengetikkan keyword mesin pencari yang ingin Anda pakai, spasi dan kata kunci yang hendak kita cari. Contoh “go berita komputer” (mencari kata kunci berita komputer dengan Google). Fitur ini berguna untuk Anda yang sering menggunakan beberapa mesin pencari yang berbeda.
  6. Mesin pencarian add-ons terintegrasi: Sekarang kita tidak perlu lagi mengunjungi situs AMO (Add-ons Mozilla), karena sekarang sudah fasilitas untuk mencari dan mendownload langsung add-ons yang ada di Tools > Add-ons > Get Add-ons.
  7. Menonaktifkan plugin:Salah satu komponen yang sering menyebabkan Firefox crash adalah plugin yang tidak ditulis dengan baik. Sekarang Anda bisa menonaktifkannya salah satu plugin yang ada melalui Add-ons Manager di Tools > Add-ons > Plugins. Walaupun sudah ada sejak Firefox 2, tetapi fitur ini tidak banyak digunakan.
  8. Melacak penyebab crash: Pada address bar ketik :”about:crashes” untuk mendapatkan daftar kejadian crash yang dikirimkan oleh Breakpad (reporter Mozilla khusus crash). Klik salah satu laporan crash untuk mendapatkan detil informasi yang disediakan oleh Socorro (server Mozilla khusus untuk melaporkan masalah crash).
  9. Membuka link/pencarian di tab baru: Ketikkan URL di Address bar atau kata kunci di kotak pencarian dan tekan “Alt+Enter”. (sumbangan dari pepoluan)

Sumber: MozillaLinks

Uji Ketahanan PC Anda dengan HeavyLoad

Screenshot HeavyLoad

Pernah bertanya-tanya apakah PC Anda dapat bertahan dalam melakukan pekerjaan intensif? HeavyLoad adalah sebuah aplikasi yang didesain untuk satu hal: membebani komputer Anda. Program ini menulis file berukuran besar ke dalam folder temp dan menggenjot CPU, RAM, hard drive, konektivitas jaringan dan sistem operasi komputer Anda.

HeavyLoad tidak memberikan hasil yang detil, melainkan hanya memberikan hasil berupa lulus atau tidak. Anda dapat menjalankan aplikasi ini selama yang Anda mau, apabila PC atau aplikasi tersebut tidak crash, artinya PC Anda dapat cukup tahan banting.

Karena HeavyLoad berkemungkinan mengacaukan memori dan swap file, Anda sebaiknya melakukan restart setelah selesai menggunakan program tersebut. Apabila program tersebut crash atau berhenti secara tiba-tiba, Anda mungkin harus membersihkan file besar yang ada dalam folder temp. (via DownloadSquad)

Opera Mobile 9.5 Beta Dirilis

Opera Software baru saja merilis versi beta pertama untuk Opera Mobile 9.5 kepada publik. Versi beta ini memiliki kinerja yang bahkan lebih cepat lagi dari versi Opera sebelumnya, berbagai fitur baru, lengkap dengan efek visual dan tampilan baru.

Opera telah mengubah tampilan dari mobile browser pada versi beta ini. Perubahan paling drastis dari versi stabil Opera Mobile (8.65) yang terbaru adalah dukungan untuk menampilkan halaman situs secara penuh. Dengan kata lain, Opera Mobile 9.5 akan menampilkan halaman situs persis seperti yang akan Anda lihat di PC, lengkap dengan dukungan AJAX maupun beberapa fitur browser modern lainnya, mirip seperti Safari Mobile yang banyak dianggap sebagai browser ponsel terbaik saat ini.

Di halaman situs yang terlalu kecil untuk dibaca di layar ponsel, Opera Mobile 9.5 memberikan fitur panning dan zooming yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar secara spesifik bagian halaman yang ingin dibaca. Opera juga mempersembahkan tampilan yang sangat cantik serta tampilan yang didesain untuk memudahkan navigasi di layar kecil.
Screenshot Opera Mobile 9.5

‘Penggemar kami sudah tidak sabar menantikan rilis dari Opera Mobile 9.5 semenjak pertama kali diumumkan di Kongres Mobile Sedunia tahun ini,’ ujar Jon von Tetzchner, CEO dari Opera Software. ‘Dengan ini kami menjawab penantian masyarakat dan dengan bangga kami menyatakan bahwa Opera Mobile Browser merupakan yang terbaik dari kami. Membawa pengalaman yang benar-benar baru bagi para pengguna.’

Beberapa fitur Opera Mobile 9.5 secara singkat:

  • Lebih Cepat: Opera sejak dulu selalu merupakan browser tercepat dan tetap selalu meningkatkan kinerjanya di setiap versi baru seperti yang ditunjukkan pada Opera Mobile 9.5 beta ini.
  • Pan dan Zoom: Seperti Opera Mini, Opera Mobile 9.5 beta secara default dapat menampilkan seluruh halaman situs dan mengijinkan pengguna untuk melakukan zooming dan panning dengan mudah.
  • Tampilan: Lebih bersih dan intuitif, serta didesain untuk mempercepat dan mempermudah navigasi.
  • Opera Dragonfly: alat pengembangan cross platform yang digunakan Opera desktop untuk melakukan debug pada Opera Mobile 9.5 melalui Opera 9.5. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik di sini.
  • Dukungan standar web yang lebih baik: Opera Mobile 9.5, mirip seperti kakaknya Opera 9.5 merupakan browser yang paling mematuhi standar web.
  • Menyimpan halaman dan gambar: cukup dengan sebuah klik pengguna dapat dengan mudah menyimpan halaman pada ponsel untuk dikirimkan melalui email atau MMS.

Panduan untuk Opera Mobile 9.5 tersedia di http://www.opera.com/press/reviews/mobile/ dan dapatkan versi beta dari Opera Mobile 9.5 dari sini.

hardware

Lenovo Saingi Macbook Air dengan ThinkPad X200

Apakah Anda ingin membeli laptop yang ringan dan tipis, namun tidak memiliki cukup uang untuk membeli MacBook Air? Kabar baik, Lenovo telah mengumumkan satu lagi tipe laptop tipis dengan “ThinkPad X200”, yang dianggap sebagai pesaing MacBook Air, tapi dengan harga yang jauh lebih murah. Dengan berat sekitar 1,3kg dan baterai standar, X200 hadir dengan layar 12,1″, solid-state drive 64GB atau HD konvensional 320GB, dan pilihan drive Blu-Ray. Dimensi laptop ini adalah 11,6″x8,3″ dan ketebalan 0,8″.
Lenovo X200

X200 akan menggunakan prosesor Intel Core 2 Duo 2.26 sampai 2.4 GHz dan RAM maksimum 4GB. Walaupun begitu, laptop ini tidak untuk dipakai para gamer karena menggunakan integrated graphics chipset (IGC). Sebuah pilihan juga diberikan berupa baterai 9-cell, menambah berat namun memperpanjang waktu pakai mencapai 9 jam.

Di balik semua kelebihan di atas, ada beberapa hal yang harus dikorbankan, seperti eksternal optical drive. Selain itu, juga tidak tersedia trackpad.

Dari segi aestetika, memang X200 masih belum dapat menyaingi Apple, tetapi harganya yang jauh lebih murah (sekitar US $1.199) mungkin akan membuatnya populer di antara para individu dengan mobilitas tinggi.(TG Daily)

Untuk beberapa model laptop lainnya yang berukuran kecil (bukan netbook), lihat juga artikel kami sebelumnya yang membahas Lenovo X300, Voodoo Envy 133 dan Dell E Slim.

internet

Meniru Apple, Microsoft Luncurkan Windows Mobile Apps

Satu hari setelah Apple meluncurkan App Store, Microsoft langsung mengumumkan usahanya untuk menyaingi hal tersebut. Portal baru yang didukung oleh Silverlight tersebut menyandang nama “Windows Mobile Apps” yang berslogan “DO MORE“, bertujuan untuk mempromosikan semua aplikasi yang sudah tersedia untuk Windows Mobile (diperkirakan sekitar 18.000).

Walaupun jumlah aplikasi masih terus bertambah, Microsoft terlalu memaksakan strateginya ini. Microsoft terlihat hanya mengutamakan “animasi flash” dan meninggalkan “utilitas” di belakang.

Microsoft tidak mengambil keuntungan dari penjualan aplikasi, mereka hanaya menawarkan sebuah situs yang bisa digunakan pengguna untuk mencari dan menemukan software baru. Masalahan utama adalah para pengguna tidak akan menemukan banyak aplikasi baru tanpa adanya fungsi “pencarian”.

Tidak memberikan fitur pencarian, Microsoft justru menciptakan karusel yang lambat untuk melihat-melihat aplikasi. Pengguna memang bisa mensortir grup aplikasi dengan kategori-kategori sebagai berikut: Semua aplikasi, Industri, Sales Force Enablement, tenaga lapangan, navigasi GPS, dan lainnya.

Setelah memilih sebuah aplikasi, pengunjung dapat membaca detil lebih lanjut seperti mengunjungi situs pengembang atau mengunduhnya. Tetapi, dengan menampilkan fitur-fitur di atas, Microsoft tampaknya lebih ingin memamerkan fitur dari teknologi Silverlight dari pada membuat situs yang bisa menyampaikan pesan lebih efektif.

Yaaa… dari pada menciptakan situs yang terlalu berlarut dalam kecanggihan animasi semata, bukankah sebaiknya Microsoft menciptakan situs yang lebih nyaman untuk digunakan?(Arstechnica)