Sleipnir, Browser Super Customizable Berkinerja Tinggi

Mungkin Anda belum pernah mendengar tentang Sleipnir, tetapi aplikasi ini merupakan salah satu browser terpopuler di Jepang yang kini tersedia dalam bahasa Inggris. Sleipnir didesain untuk menjadi browser dengan kemampuan kustomisasi tinggi untuk memenuhi kebutuhan Anda. Sleipnir didesain untuk tetap mempertahankan kinerja tinggi tidak peduli sebanyak apa kustomisasi yang dilakukan pemakai.


Hampir semua fitur dalam Sleipnir dapat dikustomisasi sehingga sangat populer di kalangan geek yang tertarik membuat browser ideal Anda dengan mengubah desain, skin dan tampilan visualnya. Anda juga dapat menambahkan fungsi khusus di Sleipnir dengan plugin dan skrip yang beragam. Sleipnir terkenal di Jepang dengan kombinasi kinerja dan fleksibilitas yang tinggi.

Sleipnir juga memiliki fitur yang sangat berguna di mana memblokir sebuah teks di situs memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal melalui menu yang muncul.
Menu blokir teks di Sleipnir

Karena Sleipnir menggunakan rendering engine yang sama dengan IE (Trident), Sleipnir akan mampu memberikan tampilan optimal untuk sebagian besar situs yang didesain untuk IE. Sleipnir juga memiliki opsi untuk menggunakan rendering engine Gecko yang dipakai Firefox sebagai plugin opsional, apabila Anda ingin menggunakan rendering engine yang lebih mematuhi standar web.

Sleipnir juga memiliki versi portabel yang dapat dipakai tanpa instalasi.

Klik di sini untuk mengunduh Sleipnir. (Labnol)

Versi MySQL Khusus untuk Web Diumumkan

Brian Aker, direktur arsitektur MySQL telah mengumumkan Drizzle, sebuah proyek database yang telah dioptimalkan untuk memperkuat situs-situs dengan lalu lintas tinggi dengan menanggalkan fungsionalitas yang kurang penting dari MySQL.

Drizzel akan memiliki arsitektur micro kernel dan memindahkan berbagai fungsi dari core (kode sumber utama) Drizzle menjadi modul terpisah. Akers telah memutuskan untuk menghapus beberapa fungsionalitas antara lain:

  • Mode
  • View
  • Trigger
  • Prepared statement
  • Stored procedures
  • Query cache
  • Data conversion insert
  • Access control list
  • Beberapa data type
Menurut FAQ Drizzle, database ini akan dirilis dengan lisensi GPLv2 dan tersedia untuk platform Linux dan OS X. Aker mengatakan bahwa ia tidak bersedia mendukung platform yang tidak memiliki GNU toolchain (kumpulan program yang dibutuhkan untuk melakukan kompilasi kode sumber) seperti Windows.

“Terlebih lagi Drizzle akan menggunakan kode InnoDB yang terbaru. Dengan ini Anda tidak perlu lagi menunggu keluarnya MySQL 6.0 atau mengunduh dan menginstal plugin InnoDB terbaru dari Oracle setiap tahun untuk mendapatkan versi InnoDB yang terbaru dan tercepat,” tambah Michael Widenius, salah satu pendiri MySQL.

Widenius mengatakan bahwa Drizzle dapat diciptakan berkat Sun yang mengakuisisi MySQL. Proyek ini sendiri didukung oleh manajemen Sun. Jadwal rilis resmi Drizzle masih belum dipastikan, akan tetapi para pengembang sudah dapat mulai meninjau kode sumber terbaru dari Wiki Drizzle. (BuilderAU)

Rangkaian Produk Terbaru dari Genius

Genius, produsen perangkat digital kembali menghadirkan produk-produk terbarunya di bulan Juli ini. Kali ini Genius kembali hadir dengan beberapa inovasi terbarunya seperti streamlined laser mouse dengan 4 way scrolling dan webcam baru hasil penyempurnaan dari iLook sebelumnya. Inilah rangkaian produk terbaru dari Genius:

Genius Traveler 620 laser
Traveler 620 Laser, mouse tanpa kabel ini telah mengadaptasi teknologi dan juga teknologi power saving dan power switch untuk memperpanjang usia baterai hingga sepuluh bulan lamanya. Fitur unik lainnya adalah tampilan tombol untuk berselancar kanan kiri yang sengaja didesain Genius untuk melihat halaman internet, dokumen atau browsing surat dengan arah horizontal.

Genius Numpad 200
Numpad 200 merupakan numeric pad USB dengan dua port USB untuk digital input. Cocok untuk bekerja pada spreadsheet, akuntansi ataupun aplikasi finansial lainnya.
Termasuk juga didalamnya USB 2.0 dengan kemampuan mentransfer data yang cepat, dua buah koneksi port USB dan tombol pengunci Vista untuk melindungi privasi anda.
Kali ini Genius kembali hadir dengan dua buah mouse berteknologi laser terbarunya yaitu Traveler 220 Laser (Streamlined laser mouse with 4 way scrolling), Traveler 620 Laser (Wireless laser mouse with 4-way scrolling) dan juga numeric pad, Numpad 200 (Silent USB 2.0 numeric pad with USB Hub).

Genius G-Pen M609
G-Pen M609 dari Genius merupakan tablet yang dilengkapi dengan resolusi tinggi 4000 LPI untuk mendesain dengan lebih professional. Fungsi dual mode-nya yang unik bisa merubah aktif area dari lebar ke standar dan kembali lagi seperti semula. Area kerja 9″ x 5.5″ (lebar) / 7.25″ x 5.5″” (standar) dan satu pena tanpa kabel untuk Windows dan pengguna MAC untuk menulis, menggambar dan menandatangani surat elektronik.
Ketika anda menekan hot keys (Scroll, Zoom dan Volume), lampu LED berwarna biru akan berkedip dan Anda akan bisa menggunakan rolling pad di atas untuk mengoperasikan scrolling 4D, zoom in/out, dan fungsi volume naik/turun.
Anda bisa menggunakan fungsi Vista built-in seperti menggunakan notes pribadi, menandatangani surat elektronik, mengenal tulisan tangan, handwritten emails dan navigasi pen flick.

Genius SP-T1200
Speaker ini merupakan sistem speaker dengan panel sentuh. Sentuhlah volume, bass atau treble dan geser jari Anda pada slide bar, Anda bisa menyesuaikan tingkat pada fungsi-fungsi ini. Pada saat Anda memilih fungsi, ikon yang ada akan menyala dan Anda dapat menambah atau mengurangi level yang ada.

Genius iLook 300 (3-Axis Pan and Tilt Web Cam)
Genius iLook 300 bekerja dengan Windows Vista, XP dan 2000 dan juga cocok dengan program instant messenger. Menggunakan teknologi sensor VGA CMOS, iLook 300 memproduksi gambar yang jernih untuk online chatting dan video blog.
Dengan menggunakan bundled software, aplikasi WebMate Genius memungkinkan anda untuk mengedit foto, mengambil film dan juga mengeksekusi fungsi monitor security. Dengan CrazyTalk Avatar, anda bisa membuat karakter animasi yang menarik dari gambar tidak bergerak dan menjadikan mereka video klip atau ekspresi wajah atau juga menambah aksesori wajah saat chatting.

Genius i-Look 325T
Genius i-Look 325T yang membuat anda bebas bergerak didepannya dan teman-teman juga keluar bisa tetap melihat anda pada saat anda online chatting online. Anda bisa mengontrol sudut yang ingin anda lihat dengan menggunakan remote sebagai jarak fokus 135� (atas/bawah), 350� (kanan/kiri). Sebagai tambahan, web cam ini juga didukung dengan pelacak wajah dan memiliki fungsi zoom, jadi anda selalu bisa terlihat jelas dengan layar VGA beresolusi tinggi (640 x 480).
Paket software yang terdapat di dalamnya sama dengan yang terdapat pada iLook 300.

Genius TwinTouch 720e
Desktop ini menawarkan fungsi tambahan seperti akses langsung ke Internet, Media CEner dan juga perangkat office untuk mengaktifasi Word, Excel, dan Power Point. Selain itu juga dilengkapi dengan mouse dengan maintenance-free pelacak optikal.

TwinTouch 720e sudah dilengkapi dengan fungsi tahan air untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh percikan air, sebuah dudukan keyboard yang didesain untuk menghemat area desktop dan struktur keycap yang rendah untuk mengurangi suara pada saat ditekan.

Genius SlimStar 220 & SlimStar 320
Keyboard multimedia untuk Windows Vista dari Genius. Keyboard ini juga telah dilengkapi teknologi tahan air untuk menghindari kerusakan akibat terkena percikan air. Mereka pun menawarkan kenyamanan yang baik untuk Windows Vista dan perangkat dokumen seperti Word, Excel dan Power Point. Ditambah lagi dengan fungsi media control untuk music atau video play back, browsing Internet untuk Mail, MSN dan YouTube.

Genius Ergo 325 dan Ergo 725 Laser
Genius Ergo 325 dan Ergo 725 Laser diperkuat dengan mesin laser dan keduanya dilengkapi dengan daya sensitifitas untuk segala permukaan Ergo 725 Laser dilengkapi oleh teknologi penghemat tenaga dan juga power switch yang mampu memperpanjang umur baterai hingga 6 bulan.

Fitur andalan lainnya adalah keduanya dilengkapi dengan Vista Flip 3D untuk akses 3 dimensi secara langsung untuk semua windows yang terbuka dan fungsi Zoom in/out untuk mengatur fungsi penglihatan dari halaman internet ataupun dokumen.

Genius Ergo T355 Laser
Ergo T355 Laser memiliki delapan arah scrolling untuk penglihatan ke segala arah. Pergerakan mouse ini menggunakan mesin laser dengan resolusi antara 800 dan 1600 dpi.

Mouse ini memiliki fitur lain seperti Smart IE search untuk mencari teks yang diinginkan pada Internet Explorer, fungsi turbo scrolling untuk browsing dan akses langsung ke fungsi Vista.

Microsoft Persiapkan Generasi Baru LCD

  • z3chs
  • Sabtu, 26 Juli 2008, 07:21
Seattle (WA) – Para ilmuwan dari pusat penelitian Microsoft dan Universitas Washington mengklaim kalau mereka berhasil mengembangkan sebuah teknologi display yang 4x lebih efisien dari layar LCD yang sudah ada sekarang dan bisa menampilkan warna hitam dengan sempurna. Pada saat yang bersamaan, teknologi ini juga bisa diproduksi secara ekonomis. Ide dasar mereka adalah pixel telescopic yang dilengkapi dengan sepasang cermin.

Sekarang, anda bisa membeli monitor yang cukup menawan baik untuk hiburan maupun komputer. Tergantung dari berapa dana yang tersedia, anda bisa mendapatkan teknologi keren yang memiliki ukuran lebih tipis, rasio kontras yang tinggi, dan tingkat kecerahan warna yang lebih terang, sekaligus waktu respon yang cepat.

Para peneliti Microsoft percaya kalau masih banyak ruang untuk peningkatan dan mereka merasa kalau penemuan pixel telescopic bisa mengarah kepada rasio kontras dan kecerahan warna yang lebih tinggi lagi. Menurut para ilmuwan tersebut, kristal cair pada LCD tidak bisa sepenuhnya memblok cahaya dan pada keadaan terang seringkali tidak begitu berguna. “LCD hanya mentransmisikan 5-10% dari cahaya belakang, karena polarizer, yang memblokir lebih dari 50% cahaya. Selain itu, menurut sebuah karya tulis, setiap filter warna hanya mentransmisikan 30% cari cahaya yang tersisa, dan masih ada lagi beberapa lapisan tambahan yang mengurangi proses transmisi lebih jauh lagi. Pixel telescopic bisa memecahkan masalah ini.

Pixel-pixel ini dilengkapi dengan sepasang cermin yang saling berhadapan, yang akan secara penuh bisa menampung cahaya dalam sebuah pixel dan menghasilkan warna hitam yang sempurna. Dengan menggunakan sebuah charge elektrik, bentuk dari satu cermin bisa berubah dari bentuk datar menjadi hampir parabola, dan akan memantulkan sinar cahaya ke cermin lainnya yang akan mengirimkannya melalui pixel dan membuat pixel-pixel tersebut terlihat sangat jelas dari luar. Para peneliti mengklaim kalau teknologi ini bisa mentransimisikan 36% dari cahaya belakang, meningkat sekitar 9% dari teknologi paling efisien yang tersedia sekarang. Charge elektrik juga bisa diaplikasikan dengan sangat cepat, bisa mencapai waktu respon 1,5 ms.

Dengan mempertimbangkan fakta kalau sekarang tersedia sekitar 2 juta pixel pada tampilan HD dan mungkin bisa mencapai 8 juta (quad HD), atau bahkan 12 juta (4K) pixel, menginstalasikan cermin pada setiap pixel terdengar sangat rumit dan mahal. Walaupun begitu, para peneliti tetap berpendapat kalau tampilan yang demikian tidak hanya menghasilkan gambar dengan resolusi “tinggi”, tetapi juga bisa dibuat dari “bahan yang relatif lebih murah dan sesuai dengan proses produksi LCD.

Sayangnya, belum ada kepastian tentang kapan teknologi ini mulai diproduksi.(TGDaily)

Intel Luncurkan Tolapai, System on a Chip

Intel telah meluncurkan desain system on a chip (SoC) barunya untuk bersaing dengan CPU jenis ARM (CPU yang dipakai untuk ponsel) yang banyak dipakai di alat elektronik portabel. Secara resmi, platform SoC ini bernama Intel EP80579 Integrated Processor Family, akan tetapi proyeknya sendiri menggunakan sandi Tolapai. Tolapai adalah usaha Intel untuk memasuki segmen pasar mobile internet device (MID) dan embedded system yang diprediksi berkembang pesat dalam beberapa tahun depan.

Dari sudut pandang Intel, mendorong teknologi x86 memasuki segmen MID sangat masuk akal. Prosesor dan komponen SoC non-x86 (ARM, MIPS atau PowerPC) secara teori memiliki keuggulan dalam segi konsumsi daya dibandingkan SoC berbasis x86, akan tetapi keunggulan tersebut belakangan ini telah semakin terkikis oleh semakin mengecilnya proses produksi x86 dan optimisasi daya. Dengan CPU 65nm, Intel memang masih tidak dapat bersaing, akan tetapi dengan munculnya CPU 45nm, kompetisi menjadi sedikit lebih menarik, dan akan menjadi sangat menarik di 22nm.

Intel mengatakan EP80579 memiliki desain sama sekali baru.
Diagram arsitektur Tolapai

Komponen “Acceleration Services Unit” berwarna kuning di atas hanya ada di chip yang mendukung teknologi QuickAssist Intel. Perbedaan utama dengan SoC tradisional yang monolitik, dengan Tolapai Intel membuat sebuah core modular yang dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan.

Pelanggan yang membutuhkan kinerja lebih baik, akan tetapi tidak membutuhkan kapabilitas video akan dapat membeli SoC engan teknologi QuickAssist Intel sedangkan pelanggan dengan kebutuhan I/O, video dan CPU lain juga akan dapat membeli produk yang telah dioptimisasi untuk kebutuhan mereka.

Semua produk Tolapai saat ini berbasis Pentium M dengan clock speed 600MHz – 1.2GHz. Ditanya mengapa Intel memilih Pentium M untuk generasi pertama produk SoC dan bukan Atom, Doug Davis VP dari divisi Digital Enterprise Group mengatakan bahwa prosesor tersebut telah tersedia saat itu dan cocok untuk kebutuhan mereka.
Intel Tolapai berbasis Pentium M

Intel menolak memberikan spesifikasi TDP untuk setiap produk, akan tetapi mengindikasikan bahwa TDP Tolapai berkisar dari 11W (600MHz tanpa accelerator) hingga 21W (1200MHz dengan accelerator). Sebagai perbandingan, SoC ARM yang paling kaya fitur biasanya beroperasi dengan TDP kurang dari 2W. SoC selanjutnya dari Intel akan berbasis Atom yang mampu mengurangi konsumsi daya secara signifikan. (ArsTechnica)

Selain Tolapai, Intel mengatakan bahwa mereka juga akan memperkenalkan chip untuk segmen elektronik “Canmore” yang akan dikeluarkan akhir tahun ini dan “Sodaville” tahun depan.

Saingan Wikipedia: Google Knol Dibuka untuk Umum

Logo Google KnolGoogle Knol adalah jasa baru dari Google yang menyerupai Wikipedia, menawarkan para pengguna untuk saling berbagi pengetahuan. Berbeda dengan Wikipedia, Knol lebih banyak memberikan kebebasan kepada penulis dan bahkan mendorong pengguna untuk membuat ‘knol-knol’ lain tentang sebuah topik. Google juga menyediakan AdSense pada situs ini untuk memberikan insentif kepada penulis artikel, tidak seperti Wikipedia yang menghindari segala bentuk periklanan.

Diumumkan Desember lalu dan sejak itu terus berada dalam tahap private testing, kini Knol telah dibuka untuk publik. Konsep dari Knol sendiri tidak terlalu berbeda dengan situs-situs seperti Citizendium dan Mahalo.

Di Knol, kendali terhadap artikel dipegang sepenuhnya oleh sang ‘pemilik artikel’ yang dapat memilih untuk menerima perubahan dari pengguna lain atau mengunci artikelnya dari perubahan. Jika suatu artikel dikunci maka pengguna lain hanya bisa memberikan komentar atau memulai sebuah knol baru dan bersaing dengannya untuk memperebutkan posisi di wiki spotlight Google.

Google Menegosiasikan Akuisisi Digg Bernilai $200 Juta

google-diggNegosiasi Google dengan Digg, sebuah situs berita sosial selama 6 minggu terakhir yang sebelumnya sempat mengalami pasang surut kini memasuki babak baru. Menurut beberapa sumber dari Google, kedua perusahaan tersebut sudah cukup dekat untuk menjadikan Digg bagian dari Google News. Nilai akuisisi diperkirakan mencapai $200 juta, menurut sebuah sumber.

Berita seputar akuisisi Google-Digg sempat dibantah oleh CEO Digg Jay Adelson bulan Maret lalu dan Marissa Mayer dari Google dikabarkan sempat mendinginkan isu tersebut untuk sementara waktu.

Kedua perusahaan tersebut kini tengah berada dalam negosiasi akhir, walaupun kemungkinan masih diperlukan beberapa minggu sebelum negosiasi ini ditutup. Tetapi, sementara beberapa perjanjian utama telah disetujui, proses akuisisi ini belum tentu berhasil, karena Microsoft yang sebelumnya tertarik dengan perusahaan tersebut dapat sewaktu-waktu membuat penawaran baru.

Sebagian besar penerimaan Digg berasal dari kontrak tiga tahun dengan Microsoft, yang akan diakhiri jika Google jadi membeli Digg.

Klik di sini untuk sumber artikel.

13 Mesin Pencari Tidak Lazim yang Harus Anda Ingat

Anda setiap harinya telah mengunjungi mesin pencari seperti Google, Yahoo, Live Search, Altavista, Excite. Namun tidak ada salahnya untuk melihat 13 mesin pencari lain. Setiap mesin pencari di bawah ini memiliki metode pencarian yang berbeda dan beberapa di antaranya menawarkan pencarian di berbagai kategori khusus. Berikut adalah mesin pencari tersebut:

Deligio search, discover and share your favorite software / freeware / shareware with tags and social bookmarking
deligio
Deligio adalah mesin pencari untuk software, shareware dan freeware. Ini merupakan platform yang tepat untuk menemukan, menambahkan, dan membagikan software pada web.

Searchme Visual Search
searchme >
Searchme memungkinkan Anda memilah hasil pencarian melalui gambar. Selama mengetik sebuah kata kunci, kategori yang sesuai dengan kata kunci akan muncul. Pilih sebuah kategori, dan Anda akan melihat gambar dari halaman web yang menampilkan keseluruhan preview halaman untuk setiap pencarian.

Ebook Search – Pdf Search Engine
ebook search
Mesin pencari PDF yang satu ini dapat mencarikan Anda file pdf pada situs, forum dan papan pesan. Anda dapat menemukan dan mengunduh begitu banyak e-books.

Addictomatic: Inhale the Web
 addictomatic
Addictomatic mencari situs-situs berita yang sering di-update untuk menemukan blog, video dan gambar terkini, sebuah search engine terbaik untuk mengikuti topik-topik terpanas.

FindSounds
FindSounds
FindSounds.com adalah situs gratis untuk mencari efek suara dan contoh instrumen musik di web. Yang satu ini merupakan mesin pencari seperti Google dan AltaVista, namun ia hanya fokus pada suara.

Tag Galaxy
Tag Galaxy
Tag Galaxy memiliki tampilan 3D yang sangat indah. Mesin pencari ini didedikasikan untuk mencari gambar Flickr dengan cara yang sangat menarik.

Topicle Search Community
topicle
Dengan Topicle, Anda dapat menciptakan mesin pencari vertikal yang baru dengan sedikit klik. Sebuah mesin pencari vertikal adalah mesin pencari untuk topik tertentu seperti ulasan kamera digital, diabetes atau parenting.

Consumer Electronics Reviews, Product Manuals, Guides and Deals: Retrevo
retrevo
Di Retrevo, Anda dapat menemukan berbagai macam review produk, manual, dan petunjuk seputar barang elektronik Anda.

Mahalo.com: Human-powered Search
mahalo
Mahalo adalah mesin pencari yang membantu Anda mengorganisir pencarian untuk mendapatkan hasil pencarian yang bebas spam.

Sputtr Multi-Search Engine
sputtr
Sputtr.com adalah mesin pencari yang mengumpulkan hasil pencarian terbaik dari banyak search engine yang paling populer di internet. Mencari web sangat mudah karena Sputtr menampilkan semuanya dalam satu halaman!

Scour – mesin pencari sosial
scour
Gunakan Scour untuk melakukan pencarian secara sosial, dan mereka bahkan membayar Anda untuk melakukan pencarian di Scour.

Wikio
wikio
Sebuah portal informasi dengan mesin pencari situs berita dan blog. Dengan Wikio Anda dapat dengan mudah menciptakan halaman untuk mengikuti berita-berita yang Anda minati. Semua informasi di halaman Anda akan diperbaharui secara terus menerus.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Facebook Keluarkan Desain Baru

Facebook telah secara resmi mengumumkan desain barunya yang bertujuan untuk memberikan tampilan yang lebih bersih dan memberikan pemakai kendali yang lebih baik atas halaman profilnya. Desain baru situs ini akan diluncurkan ke 80 juta penggunanya dalam beberapa hari berikutnya tetapi apabila Anda sudah tidak sabar, Anda dapat mengunjungi new.facebook.com untuk mencobanya.

Halaman profil baru Facebook

Halaman homepage Facebook kini telah jauh lebih bersih dengan menitik beratkan pada agregasi konten dan update baru mirip seperti FriendFeed. Tampilan halaman profil juga sudah jauh lebih rapih dengan memindahkan penempatan aplikasi yang sering membuat halaman profil terlihat kacau.

Bagian “Wall” kini hanya dipakai khusus untuk menampilkan konten-konten yang dipublikasikan pengguna. Untuk memudahkan pemakai, aplikasi telah dipindahkan ke area khusus yang dinamakan “Boxes” sedangkan sebuah tab di atas halaman profil menambahkan aplikasi yang sering dipakai. (via ArsTechnica)

Secara garis besar perubahan-perubahan ini antara lain:

  • Menu bar yang bari
  • Mini-feed dan Wall kini berada dalam tab Wall
  • Kotak “Bio” baru
  • Susunan baru untuk tab yang menampilkan wall, informasi, foto dan aplikasi Anda
  • Aplikasi-aplikasi Facebook kini ada dalam tab “Boxes”
  • Pengguna dapat menambahkan tab sendiri
  • Pengguna dapat menggunakan webcam untuk merekam video atau foto untuk ditambahkan ke koleksi pengguna atau “Wall” teman