Komunitas KDE hari ini telah meluncurkan KDE 4.1.0. Rilis ini merupakan rilis besar kedua dalam seri KDE 4, dengan beberapa aplikasi dan fitur baru yang dibangun di atas pondasi KDE 4. Yang paling penting dalam versi baru ini adalah stabilitas. Desktop shell Plasma yang pertama kali diperkenalkan di KDE 4.0 telah mencapai tingkat kematangan di mana mereka sudah dapat menggantikan KDE 3 untuk sebagian besar pemakai. Dari segi aplikasi, KDE 4 datang dengan beberapa aplikasi penting seperti KDE-PIM, KMail, KOrganizer, Akregator, KNode dan Kontact yang memiliki lebih banyak komponen. Screenshot Desktop KDE 4.1

Walaupun KDE 4.1 bertujuan menjadi versi pertama untuk pemakaian massal, beberapa fitur di KDE 3.5 masih belum diimplementasikan. Walaupun tidak ada jaminan semua fitur dari KDE 3.5 akan dimigrasikan ke seri 4, KDE 4.1 telah menyediakan lingkungan desktop yang kaya fitur.

Dari segi tampilan, KDE 4.1 juga sangat cantik. Walaupun menggunakan dasar yang sama dengan versi 4.0, para pengembang KDE telah memodifikasi banyak elemen tampilan. Plasmoid kini tidak lagi memiliki border tebal, obyek transparan tampak lebih bersih, login manager dan splash screen juga mendapat tema baru, sedangkan versi Oxygen window border baru (Ozone) yang diikutkan juga lebih cocok dengan tema KDE 4.1. Plasma sendiri diberikan theme engine baru yang terpisah dari desktop dengan beberapa tema baru.

Screenshot Desktop KDE 4.1

Screenshot Desktop KDE 4.1

Screenshot Desktop KDE 4.1

Screenshot Desktop KDE 4.1