windows reformat

Karena penulis memiliki banyak klien yang selalu terinfeksi spyware dan trojan, ia sudah menjadi cukup ahli dalam melakukan backup, format ulang hard disk (HD) dan merampungkan instalasi Windows. Apabila Anda sering melakukan hal-hal ini tentunya Anda tahu bahwa menjadikan PC Anda siap pakai lagi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Di bawah ini adalah 5 aplikasi yang dapat mempermudah kegiatan format ulang sebuah PC.

DriverMax. Setelah menyelesaikan instalasi Windows biasanya Anda memerlukan seperangkat driver fungsional. Menjalankan DriverMax sebelum melakukan format memungkinkan Anda menyimpan dan memulihkan kembali semua driver yang ada di komputer dengan cepat.

Migwiz. Aplikasi untuk penyalinan file dan setting dari Microsoft ini benar-benar bekerja dengan baik, Anda tidak akan kesulitan dalam menggunakannya. Salin folder USMT dari c:\windows\system32\ dan simpan pada USB drive. Atau jika ingin menggunakan cara alternatifnya, lakukan apa yang diperintahkan Wizard untuk Anda lakukan, buat sebuah wizard disk dan jalankan exe dari keduanya sebelum dan sesudah format ulang. Anda harus menggunakan versi exe yang sama agar tidak bermasalah.

Nlite. Jika Anda tidak suka harus menunggu proses instalasi Windows, maka Nlite (atau Vlite untuk Vista) adalah pilihan terbaik. Pindahkan isi dari CD instalasi Windows ke dalam sebuah folder, jalankan N/Vlite, isi bagian yang kosong dan tambahkan dengan beberapa aplikasi dari Winaddons. Untuk detil lebih lanjut baca juga panduan membuat CD instalasi Windows XP kustom.

WPI. Aplikasi Windows Post Installation ini membuat proses instalasi aplikasi menjadi sangat cepat. Sebagai contoh, Anda dapat mengkonfigurasi WPI untuk menginstal Foxit PDF Reader, Firefox, Flash dan JRE dalam satu langkah saja. Tempatkan semua aplikasi favorit Anda di folder WPI dan ikuti panduan di situs WPI. Dengan cara ini Anda dapat meginstal semua aplikasi hanya dengan mencentang beberapa box dan mengklik sebuah tombol.

PING (Parition Image is Not Ghost). Saat Anda telah menjalankan intal dengan mulus, ciptakan sebuah hard disk image agar kelak Anda tidak perlu melakukan keseluruhan prosesnya sekali lagi.

Klik di sini untuk sumber artikel.