origami

cara bikinya klik disini alien

cara bikinya klik disini balrog

SOFTWARE

Lunascape: Browser dengan 3 Rendering Engine

Lunascape berasal dari Jepang, sama seperti Sleipnir yang sebelumnya sudah dibahas oleh sushi, tapi Sleipnir hanya menggunakan engine tunggal yaitu Trident. Lunascape pertama kali dikembangkan oleh Hidekazu Kondo dan sekarang beliau telah menjadi CEO di Lunascape co., LTD.. Perusahaan ini berlokasi di kota Tokyo dan usahanya berfokus pada pengembangan web browser, termasuk web browser Lunascape versi mobile untuk sistem operasi Windows Mobile 5.0/6.0.

Sudah ada berapa browser yang terinstal di komputer Anda? Pertanyaan ini menunjukkan kalau saya sangat yakin sebagian besar orang telah menginstal lebih dari satu jenis browser di komputernya. Pasti ada banyak alasan untuk itu, entah itu adalah browser bawaan sistem operasi^^, fitur-fitur yang unik, faktor kebiasaan ataupun kecepatan render. Untuk masalah yang terkait dengan rendering, saat ini terdapat tiga engine utama yang dipakai:

  1. Trident (Internet Explorer, Avant Browser, Maxthon)
  2. Gecko (Firefox, Seamonkey, K-Meleon, Epiphany)
  3. Webkit (Safari, Chrome, Shiira, Arora)

Bagaimana kalau ketiga engine tersebut berada di dalam satu web browser? Hasilnya adalah pemenuhan kompatibilitas standar web dan efisiensi waktu.

Lunascape Genesis diklaim sebagai browser pertama dunia yang mengemas tiga rendering engine dalam satu aplikasi. Tidak hanya itu saja, browser ini juga diklaim sebagai yang tercepat berdasarkan pengujian menggunakan engine Gecko versi terakhir yang sudah dimodifikasi. Pengujian dilakukan di situs di SunSpider dan hasilnya seperti yang terlihat pada grafik.

Fitur

Seperti yang sudah disinggung di atas, keistimewaan Lunascape adalah tiga buah rendering engine yang berbeda untuk me-render halaman web. Dan hebatnya lagi, ketiga engine tersebut dapat dipakai secara bersamaan. Saat pertama kali menjalankan Lunascape kita akan diminta memilih default rendering engine yang akan dipakai, tapi nantinya kita tetap bisa berganti-ganti engine dengan menekan ikon pojok kiri bawah browser atau melalui klik kanan pada tab sehingga tiap tab yang terbuka bisa menggunakan engine rendering yang berbeda-beda.

Fitur-fitur lainnya yang tersedia di Lunascape:

  1. Crash Protection, crash tidak akan mempengaruhi seluruh browser, cukup dengan menutup tab yang bermasalah saja Anda tetap dapat melanjutkan browsing
  2. Mouse Gesture, menjalankan berbagai fungsi yang ada dengan gerakan tetikus
  3. Tabbed browsing
  4. RSS News dan Blog Info
  5. Podcast
  6. Form Auto-Saver
  7. Security Management
  8. Popup News
  9. Multi Searchbar
  10. Smart Favorites

\

Tema dan Plug-in

Perusahaan pengembang Lunascape tidak setengah-setengah dalam mengembangkan browser ini, terlihat dari dukungannya untuk dapat dikostumisasi dengan tambahan plugin dan tema dari pihak ketiga. Dengan kemudahannya untuk dikostumisasi bisa dibilang browser ini sudah siap untuk menjadi ancaman serius bagi browser besar lain seperti Firefox, Safari, Opera, Internet Explorer dan Chrome.

Tema tambahan untuk mempercantik tampilan browser bisa Anda dapatkan di halaman Skin Center yang memiliki sekitar 216 tema yang dibagi dalam 8 kategori. Sedangkan untuk mencari plugin Anda dapat mengunjungi Plug-in Center. Sayangnya halaman untuk mencari plugin hanya tersedia dalam bahasa Jepang, tetapi tentunya bisa Anda ubah ke bahasa Inggris dengan menggunakan bantuan aplikasi terjemah online seperti Google Translate. Untuk saat ini jumlah plugin yang tersedia hanya 43 dan bisa berbentuk plug-in, bookmarklet atau script.

Sejarah

Pada tanggal 17 Juni 2008 Lunascape telah mengumumkan pembukaan kantor cabang di USA tepatnya berlokasi di Silicon Valley untuk mempromosikan browser mereka lebih luas lagi, mengikuti jejak Fenrir sebagai pengembang browser Sleipnir yang sudah terlebih dahulu merambah pasar internasional. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan dengan bahasa yang dipakai, karena sudah mendukung bahasa Inggris selain bahasa Jepang.

Nah, apakah Anda tertarik untuk mencoba web browser dari negeri sakura ini? Bisa Anda unduh dari http://www.lunascape.tv/download/Default.aspx

FoxGlove: Varian Firefox dengan Integrasi Google

Anda mungkin berpikir bahwa Google Chrome dapat menjadi browser sempurna bagi mereka yang menghabiskan sebagian waktunya menggunakan aplikasi Google seperti Gmail, Google Calendar dan GTalk. Namun Chrome sebenarnya tidak memiliki banyak fitur menarik seperti layaknya Firefox. Seorang pengguna yang menggunakan berbagai layanan Google memutuskan untuk menggabungkan beberapa extension dan membuat sebuah browser alternatif bernama FoxGlove yang dapat Anda unduh dari Lifehacker.

foxglove

Browser satu ini dibuat berdasarkan versi portabel dari Firefox yang berarti Anda dapat menjalankannya langsung tanpa instalasi, Anda juga dapat menjalankannya dari USB flash drive. Sepintas FoxGlove tampak seperti Google Chrome karena menggunakan tema ChromiFox, homepage browser tersebut sudah di set Gmail, ada juga bookmark untuk Google Reader, Google Docs, berikut bookmaklet yang dapat membuka GTalk, Google Calendar atau Google Notes pada sidebar.

FoxGlove juga hadir dengan banyak addons Firefox yang menawarkan enhancements bagi aplikasi Google:

Klik di sini untuk sumber artikel.

Internet Explorer 8 Ditunda Hingga Tahun Depan

Logo ie8Microsoft telah mengkonfirmasikan bahwa Internet Explorer 8 (IE8) akan dirilis di tahun 2009, mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan sebuah versi release candidate (RC) di kuartal pertama tahun depan sebelum akhirnya mengeluarkan versi final di tahun yang sama. Perubahan jadwal ini berarti Microsoft tidak akan dapat mengikuti target awal mereka untuk merilis IE8 di akhir tahun 2008.

Dean Hachamovitch, general manager IE menulis di blog IE bahwa “versi publik IE berikutnya (biasanya dinamakan release candidate mengindikasikan berakhirnya periode beta. Kami menginginkan komunitas pengguna dan perusahaan teknis yang tertarik dengan teknologi browser untuk menganggap update ini sebagai sinyal kuat bahwa IE8 secara efektif sudah lengkap dan rampung.”

Microsoft pertama kali mendemonstrasikan IE8 pada bulan Maret di konferensi Mix. Salah satu fitur baru yang ditawarkan versi terbaru dari browser besutan Microsoft ini adalah perlindungan malware, dukungan untuk standar web yang lebih baik, mode private browsing yang tidak meninggalkan jejak pemakaian web dan fitur “Web Slice.”

Versi beta pertama IE8 telah dirilis di bulan Maret sedangkan versi beta dua IE8 telah dirilis beberapa bulan lalu. Hachamovitch menyarankan kepada para pengembang situs untuk menguji situs mereka dengan IE8 dan melaporkan isu-isu penting kepada Microsoft. Microsoft akan “sangat selektif dalam melakukan perubahan dalam versi berikutnya dan versi final. Kami hanya akan melakukan perubahan untuk isu-isu yang paling penting saja. Kami akan menjelaskan semua perubahan yang kami lakukan antara dua versi ini dengan sangat jelas.”

Apabila tertarik untuk menguji IE8, Anda dapat mengunduh IE8 Beta 2. (via CNet)

Google Chrome Akan Dikemas ke Dalam PC

Bagaimana cara Internet Explorer (IE) meraih posisinya sebagai browser terpopuler di dunia? Mudah saja — IE dikemas ke dalam semua komputer baru yang Anda beli, sudah siap pakai sejak instalasi. Dan kini Google juga mempertimbangkan untuk melakukan cara yang sama untuk mendistribusikan browser besutannya Google Chrome. Menurut VP manajemen produk Sundar Pichai, periode beta Chrome akan berakhir di bulan Januari dan setelah itu Google “kemungkinan besar akan melakukan perjanjian distribusi.”

Dalam sebuah artikel yang dipublikasikan di Times Online, Pichai membeberkan rencana Google untuk menjadikan Chrome browser pilihan semua pengguna. Rencana tersebut mencakup menggarap kemungkinan distribusi melalui produsen komputer.

“Kami dapat bekerja dengan para OEM agar mereka mengemas Chrome ke dalam komputernya,” tutur Pichai. Saat Google memiliki versi Chrome yang bebas bug tahun depan, “kami akan mulai mendorong produk ini. Kami sejauh ini masih konservatif karena Chrome masih berada dalam tahap beta, akan tetapi saat produk tersebut keluar dari tahap beta kami akan bekerja keras mempromosikan dan memasarkan produk ini kepada pengguna,” lanjut Pichai.

Pichai juga mengatakan bahwa Chrome untuk Linux dan Mac akan tersedia di pertengahan tahun pertama tahun depan, memungkinkan Chrome untuk dipakai di hampir 99% komputer di seluruh dunia.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Google Chrome sudah siap untuk terjun ke dalam browser wars 2.0? (via RWW

)

Microsoft Akan Rilis Antivirus Gratis

Logo MicrosoftUntuk memenuhi kebutuhan keamanan PC di negara berkembang, PC berukuran kecil dan terus bertambahnya malware, Microsoft berencana untuk mengeluarkan produk sekuriti baru dengan kode nama “Morro” di pertengahan kedua 2009 yang menawarkan perlindungan terhadap virus, spyware, rootkit dan trojan. Solusi ini akan disediakan secara bebas biaya kepada para konsumen dan dirancang untuk menggunakan sumber daya seminimal mungkin, ideal untuk PC dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Amy Barzdukaz, direktur senior manajemen produk untuk divisi layanan online dan Windows di Microsoft mengatakan bahwa “pelanggan di seluruh dunia mengatakan kepada kami bahwa mereka membutuhkan perlindungan lengkap yang terus menerus dari ancaman-ancaman keamanan baru, dan kami dengan serius menanggapi kekhawatiran mereka. Produk baru yang gratis ini memungkinkan kita untuk melindungi lebih banyak lagi konsumen, terutama di wilayah di mana tingkat pertumbuhan PC baru hanya dikalahkan oleh tingkat pertumbuhan malware.

Morro akan menggunakan teknologi anti malware yang digunakan di produk Microsoft saat ini yang telah memenangkan penghargaan VB100 dari Virus Bulletin, sertifikasi Checkmark dari Coast Labs dan sertifikasi dari Internaional Computer Security Association Labs. Solusi baru ini akan mengantarkan perlindungan terhadap malware yang sudah ditawarkan melalui berbagai layanan korporat Microsoft, akan tetapi tidak akan mengemas banyak fitur yang tidak berhubungan dengan keamanan seperti produk keamanan lainnya.

Morro akan tersedia sebagai unduhan gratis untuk Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Saat digunakan dengan berbagai fitur keamanan dan privasi yang terus diperbaharui di Windows dan Internet Explorer, solusi baru ini menawarkan konsumen solusi keamanan gratis untuk melindungi dirinya dari sebagian besar ancaman keamanan online.

Windows Live OneCara yang menjadi produk keamanan unggulan Microsoft hari ini akan terus dijual untuk Windows XP dan Vista hingga tanggal 30 Juni 2009. Penjualan OneCare akan dihentikan secara bertahap saat Morro telah tersedia. (Microsoft)

Walaupun hal ini merupakan berita baik bagi semua pengguna Windows, berita ini merupakan kabar terburuk bagi banyak perusahaan yang berkecimpung dalam bisnis anti malware seperti Symantec, McAfee, Grisoft dan banyak lagi.

HARDWARE

Kingston Keluarkan Flash Disk 64GB

Kingston mengumumkan peluncuran produk flashdisk DataTraveler® terbarunya 150 (DT150) dengan kapasitas sebesar 64GB. DT150 menyuguhkan kapasitas terbesar dari jajaran produk flashdisk DataTraveler USB. Dengan kapasitas yang sangat besar para pengguna DT150 memiliki keleluasaan dalam melakukan backup file digital maupun menyimpan file musik, video, foto dan dokumen-dokumen penting tanpa perlu khawatir akan keterbatasan ruang penyimpanan.

“DT150 64GB membawa flashdisk selangkah lebih maju dengan kapasitas penyimpanan besar yang dikemas ke dalam ukuran yang kecil,” ujar Nathan Su, Flash Memory Product Manager, wilayah APAC Kingston. “Peningkatan pada ukuran file untuk menyimpan musik dan foto, serta permintaan pasar akan adanya media penyimpan yang memiliki ukuran yang kecil tetapi memiliki kapasitas yang sangat besar. DT 150 merupakan jawaban atas permintaan tersebut saat ini.”

DT150 kompatibel dengan Windows Vista, XP dan Windows 2000 serta Mac OS X 10.3 (dan di atasnya) dan Linux 2.6 (dan di atasnya). Sama seperti semua produk USB drive dari Kingston, DT 150 juga memiliki garansi selama 5 tahun dan gratis dukungan teknis.

Fitur dan Spesifikasi dari DataTraveler 150:

  • Kapasitas*: 64GB, 32GB
  • Dimensi: 3.06″ x 0.9″ x 0.47″ (77.9mm x 22mm x 12.05mm)
  • Suhu Operasi: 32º F to 140º F (0º C to 60º C)
  • Suhu Penyimpanan: -4º F to 185º F (-20º C to 85º C)
  • Simpel: Just plug into a USB port
  • Nyaman: Pocket-sized for easy transportability
  • Garansi: 5 tahun
  • Sistem Operasi yang kompatibel: Windows Vista (Windows ReadyBoost™ not supported), Windows XP (SP1, SP2), Windows 2000 (SP4), Mac OS X v.10.3.x and higher, Linux v.2.6.x and higher

Samsung Mulai Produksi SSD 256GB

SSD 256GB SamsungSamsung pada hari Rabu malam mengatakan bahwa mereka telah mulai memproduksi solid state drive 256GB secara massal. Ukuran ini jauh melebihi semua SSD yang dipakai di laptop hari ini yang berukuran 64GB dan 128GB. SSD baru ini memiliki kecepatan sequential read secepat 220MBps (Megabyte) dengan kecepatan sequential write 200MBps, lebih dari dua kali lebih cepat dibandingkan SSD yang ada saat ini. Teknologi baru yang digunakan juga memungkinkan Samsung untuk membuat SSD yang memiliki kecepatan write hanya 10% lebih lambat dari kecepatan read dibandingkan produk lain yang memiliki perbedaan kecepatan 20% hingga 70%.

Akan tetapi Samsung tidak memberi tahukan kecepatan random write. Walaupun biasanya SSD memiliki kecepatan read yang lebih cepat dibandingkan dari hard disk (HD) tradisional, SSD biasanya jauh lebih lambat dari HD saat menulis data secara acak.

Jim Elliot, VP divisi marketing memori Samsung mengatakan bahwa menggunakan SSD 256GB ini dalam sebuah laptop “sama dengan memiliki HD 15.000 RPM tanpa ukurannya yang besar, kebisingan, konsumsi daya dan suhunya yang panas. SSD ini dapat menyimpan 25 film high definition hanya dalam 21 menit, jauh lebih cepat dari HD 7200 RPM yang membutuhkan sekitar 70 menit.”

Kinerja SSD ini dicapai berkat desain platform baru yang mengkombinasikan sebuah chip controller, NAND flash dan firmware khusus yang dikembangkan Samsung. “Platform ini didesain untuk dengan mudah mengadopsi memori flash 40nm Samsung,” menurut pernyataan perusahaan tersebut.

Produk baru ini juga sangat efisien, hanya membutuhkan 1,1 watt dibandingkan 2-3 watt untuk HD yang berkinerja sama. SSD 256GB ini juga akan tersedia dengan fitur full disk encryption yang sangat penting untuk para pelanggan korporat. (CNet)


Intel Umumkan SSD Tercepat Dunia

· Intel mulai terjun ke pasar SSD pada bulan September dengan produk SSD pertamanya X25-M 80GB yang berkinerja sangat tinggi, memiliki kecepatan read sebesar 250 MB/s dengan kekurangan satu-satunya berupa kecepatan write yang jauh lebih lambat 70 MB/s. Memang, tidak banyak yang dapat dilakukan Intel saat itu karena mereka menggunakan teknologi multi-level cell yang memiliki kekurangan tersebut.

SSD terbaru Intel

Kali ini, Intel telah mengeluarkan sebuah produk SSD baru berbasis single level cell (SLC) yang tidak memiliki kekurangan tersebut. Produk X25-E Extreme ini memiliki kecepatan read yang sama dengan pendahulunya, 250 MB/s dengan kecepatan write yang lebih dari dua kali lebih cepat dari sebelumnya yaitu 170 MB/s dan lifespan yang 10 kali lipat lebih baik, walaupun sebagai gantinya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih kecil yaitu 32GB.

Seperti yang kita tahu, semua produk Intel yang menyandang julukan “Extreme” tidak dijual murah, selalu menawarkan kinerja ekstrim — SSD ini juga sama. X25-M 80GB saat ini dijual online seharga $621 atau $7,76 per Gigabyte sedangkan X25-E 32GB dijual seharga $719 atau $22,47 per Gigabyte. Penyimpanan berbasis SSD memang tidak murah, terlebih lagi SSD yang berbasis teknologi SLC.

TechReport memiliki ulasan lengkap tentang SSD terbaru dari Intel ini, termasuk puluhan benchmark untuk mengukur kinerja SSD baru ini.

Hasil benchmark Intel X25 E